Rabu, 30 Mei 2012

laporan kunjungan rumah

pgriYAYASAN PEMBINALEMBAGA PENDIDIKAN (YPLP) DIKDASMEN PGRI KOTA TEGAL
SMK PGRI KOTA TEGAL
 STATUS TERAKREDITASI
Jl. Halmahera No. 59  Telp./Fax (0283) 358738 Kota Tegal 52121
           
LAPORAN KUNJUNGAN RUMAH
Nomor : ...............................

A.    Identitas
1.      Kode Konseli        : .......................................
Nama Siswa         : ........................................
Kelas                    : .....................................
Agama                  : .........................................
Alamat                  : ..........................................

2.      Orang Tua
·         Nama Ayah                  : .................................
·         Pekerjaan                      : .....................................................................
·         Alamat                          : ......................................................................
·         Ibu                                : .....................................................................
·         Pekerjaan                      : .....................................................................
·         Alamat                          : ...................................................................

  1. Tujuan Home Visit                  : Mencari dan menggali informasi yang berhubungan   
                                                        dengan masalah klien
     
  1. Hasil Wawancara                    :
·         Kebiasaan Belajar klien di rumah
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................

·         Aktivitas klien
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................
·         Kedekatan klien dengan anggota keluarga :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................

·         Apakah klien sering terbuka mengemukakan permasalahannya
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................
·         Apakah orang tua pernah mengecek buku/catatan :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Kesimpulan :
1.      ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.      ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Catatan            : 
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................

                                                                                                .........................., .................                    
       Mengetahui
Kepala Sekolah                                                           Guru BK /Konselor


       Dra. Ambarwati Kusuma Dewi                                  Wiwit Setiyono, S.Pd

Contoh SATLAN BK


RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN ( RPP )
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Nama Sekolah         :SMK PGRI TEGAL
Waktu Pelaksanaan            :
Tahun Pelajaran      : 2011/2012

1.
Topik / Permasalahan
:
Orientasi pada fasilitas kesehatan yang disediakan sekolah.
2.
Tugas Perkembangan
:
Mencapai kematangan pertumbuhan fisik yang sehat.
3.
Bidang Layanan
:
Pribadi
4.
Jenis Layanan
:
Orientasi
5.
Sasaran Pelayanan
:
XI. SPK
6.
Fungsi  Layanan
:
Pemahaman
7.
Tujuan Layanan
:
Konseli mengenal dan dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan yang disediakan sekolah
8.
Bentuk kegiatan
:
Klasikal
9.
Alokasi waktu
:
45 menit
10
Tempat Kegiatan
:
Ruang Kelas
11
Pelaksana Kegiatan
:
Konselor Sekolah dan Wali kelas.
12
Pihak yang disertakan
:
Dokter atau tenaga medis
13
Alat / Media Layanan
:
LCD
14
Materi Layanan
:
Terlampir
15
Proses Kegiatan
:


a.
Keg.Pendahuluan
:
1). Menyiapkan konseli secara  psikis dan  fisik  untuk  mengikuti
proses layanan
2). Menjelaskan  tujuan  layanan atau  kompetensi  dasar  yang
akan dicapai
3).Menyampaikan  cakupan  materi layanan  dan  penjelasan  uraian  kegiatan.


b.
Kegiatan Inti


1). Eksplorasi
:
1).Melibatkan  konseli  mencari  informasi  yang  luas  dan
dalam  tentang  topik/tema  materi layanan yang  akan  dibahas
dari berbagai  sumber ;  2).Menggunakan  beragam  pendekatan,  media
pelayanan, dan sumber-sumber lain
3).Memfasilitasi  terjadinya  interaksi antar konseli  dan
antara  konseli  dengan  konselor, serta  lingkungan,  dan  sumber lainnya;

2). Elaboraasi
:
1). Memfasilitasi  konseli melalui  pemberian  tugas,  diskusi,
dan  lain-lain  untuk  memunculkan  pengetahuan baru  baik  secara
lisan maupun tertulis; 2).Memberi  kesempatan  untuk  berpikir,  menganalisis,  menye-
lesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
3).Memfasilitasi  konseli  melakukan  kegiatan  sebagai hasil dari layanan yang diberikan

3). Konfirmasi
:
1). Memberikan  umpan  balik positif  dan penguatan  dalam  bentuk
lisan,  tulisan,  isyarat,  maupun  hadiah  terhadap  keberhasilan
konseli ; 2). memfasilitasi  konseli melakukan  refleksi  untuk
memperoleh pengalaman baru yang telah dilakukan; 3). Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
konseli melalui berbagai sumber

c.
Kegiatan Penutup
:
1). Bersama-sama  dengan  konseli dan/atau  sendiri  membuat rangkuman/simpulan materi layanan; 2).Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil layanan; 3). Merencanakan kegiatan berikutnya; 4). Mengadakan penilaian segera ( laiseg ) terhadap pelaksanaan layanan.
16
Rencana Penilaian



a.
Laiseg
:
Melakukan penilaian segera dengan  UCA (Understanding,Comfort and Action) setelah selesai proses layanan.

b.
Laijapen
:
Melakukan penilaian jangka pendek ( Laijapen) setelah satu bulan selesai pelaksanaan  layanan.

c.
Laijapang
:
Melakukan penilaian jangka panjang ( Laijapang) setelah satu tahun selesai pelaksanaan layanan.
17
Rencana Tindak Lanjut
:






                                                                                                                                 
                                                                                                                       11 Juli 2011
                       Mengetahui                                                                     Konselor Sekolah,
                   Kepala Sekolah,



            Dra. Ambarwati Kusuma Dewi      Wiwit Setiyono, S.Pd.